Jumat, 28 Oktober 2016

Trend Inovasi Teknologi Masa Kini



www.gunadarma.ac.id

Trend Inovasi Masa Kini

SSmart Car

Mobil "tanpa sopir" ini mulai menjadi populer menjelang akhir 2015. Produsen teknologi besar seperti Google dan Apple mulai berlomba mengembangkan teknologi mobil pintar yang rencananya tak akan dilengkapi dengan kemudi manual ini. Saat ini, pengembangan mobil pintar sedang mencapai tahap pengujian keamanan.
Sistem operasinya berbekal navigasi semacam Google Maps. Kita hanya perlu menyebutkan tujuan, mobil pun akan berjalan sendiri ke tempat tujuan. Smart car tampaknya akan menjadi salah satu tren teknologi tahun mendatang.


  

Printer 3D

Teknologi printer tiga dimensi (3D) saat ini terus dikembangkan untuk membuat berbagai macam benda dengan cara yang instan, lebih mudah, dan lebih cepat. Peneliti memperkirakan, teknologi printer 3D ini sedikit banyak bakal mengubah kehidupan manusia di masa datang.

Seperti yang sudah dihasilkan oleh printer teknologi terkini beberapa waktu belakangan, apa saja yang dapat dibuat dengan berbahan dasar material yang beragam. Mulai dari perkakas kecil, suku cadang kendaraan, senjata api, mobil, bahkan hingga implan organ tubuh manusia. Ke depannya, peneliti memprediksi printer 3D bisa digunakan untuk membuat makanan dan kegiatan medis untuk penyembuhan.

Lewat sebuah video, AsapScience menjelaskan kemudahan yang diberikan oleh printer ini bisa membuat setiap orang menciptakan apa saja lewat alat tersebut. Bagaimana tidak, sekarang ini berbagai konsep untuk membuat sebuah benda sudah tersedia di internet dan hanya tinggal diunduh, lalu pengguna menciptakannya sendiri di rumah. Bukan tak mungkin, di masa depan seseorang hanya perlu mengumpulkan bahan-bahan pembuat makanan dan kemudian mewujudkannya dengan printer 3D. AsapScience juga mengatakan, printer 3D nantinya bisa digunakan oleh tim kedokteran untuk membuat luka di kulit seseorang kembali normal seperti sedia kala.


TEKNOLOGI VIRTUAL REALITY

VR atau Virtual Reality, dalam bahasa indonesia disebut Realitas Maya adalah sebuah teknologi yang membuat pengguna atau user dapat berinteraksi dengan lingkungan yang ada dalam dunia maya yang disimulasikan oleh komputer, jadi kita merasa berada di dalam lingkungan tersebut.

 
Teknologi Augmented Reality

Teknologi Augmented Reality ini bekerja dengan menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata. Teknologi ini seperti sebuah hologram dan teknologi ini akan menjadi pilihan teknologi di masa yang akan datang dimana akan diaplikasikan di aplikasi smartphone.


E.Banking

E-banking yang juga dikenal dengan istilah internet banking ini adalah melakukan transaksi, pembayaran, dan transaksi lainnya melalui internet dengan website milik bank yang dilengkapi sistem keamanan. Dari waktu ke waktu, makin banyak bank yang menyediakan layanan atau jasa internet banking yang diatur melalui Peraturan Bank Indonesia No. 9/15/PBI/2007 Tahun 2007 tentang Penerapan Manajemen Risiko Dalam Penggunaan Teknologi Informasi Oleh Bank Umum. Penyelenggaraan internet banking merupakan penerapan atau aplikasi teknologi informasi yang terus berkembang dan dimanfaatkan untuk menjawab keinginan nasabah perbankan yang menginginkan servis cepat, aman, nyaman murah dan tersedia setiap saat (24 jam/hari, 7 hari/minggu) dan dapat diakses dari mana saja baik itu dari HP, Komputer, laptop/ note book, PDA, dan sebagainya.




Sumber:

17 komentar:

  1. Gudjabbbb!! Nice article Opay. You're so awesome. Terus menulis ya, biar bisa jadi inspirasi dan menambah wawasan semua orang ><

    BalasHapus
  2. Nice article opay.. sangat bermanfaat thanks

    BalasHapus
  3. nice Artikel !

    ditunggu artikel terbaik berikutnya thx!

    BalasHapus
  4. wah sangat bermanfaat sekali infonya pay

    BalasHapus
  5. Wah akhirnya muncul juga bang opay, nice post bang... keep it up! thank you

    BalasHapus
  6. Terimakasih infonya, sangat bermanfaat (y)

    BalasHapus
  7. Bagus yaa artikelnya, sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  8. Nice article! Ditunggu artikel selanjutnyaaa

    BalasHapus
  9. terimakasih infonya sangat bermanfaat :)

    BalasHapus
  10. Wih kekinian nih topiknya
    Nais info Naufal, terima kasih sudah berbagi ilmu

    BalasHapus